
oleh: Shinta Novita
Meneruskan postingan selanjutnya tentang sekolah di Finlandia yang paling menarik buat gw disana selain anak dilibatkan secara aktif dalam cara pembelajaran dan tugas akhir, anak juga diminta untuk menilai dirinya sendiri. Jadi setiap awal tahun ajaran guru membagikan kurikulum, rincian kemampuan apa yang harus dimiliki setelah pembelajaran dan at the end anak diminta menilai dirinya sendiri dari standard yg dibagikan itu. Woww ga pernah kepikiran buat guru Indo kayaknya😂. Dan yang menarik 90% penilaian anak akurat dengan penilaian guru lho 👏👏
Hal menarik lainnya Kemendiknas Finland dah set goals value apa yang ingin dicapai untuk semua sekolah. Dan itu diturunkan ke dalam kurikulum sekolah mereka. Kok keren amaaaat….
Terus jam pelajaran disana selain lebih singkat, tiap 2 jam pelajaran istirahat 15 menit (melamun juga masuk istirahat 😂), load pelajaran ga banyak. Bahkan adakalanya Math 1minggu 1x sama kayak pelajaran musik 😂
Disana juga guru memasukkan unsur musik dalam pembelajaran dan ini efektif meningkatkan kemampuan siswa. Misal mereka belajar siklus air dengan musik hiphop😂😂
Dan tes akhir disana bersifat open question macam tes speaking IELTS karena fokusnya anak yang menunjukkan apa yang mereka ketahui tentang suatu pelajaran yg bersifat interdisipliner. Misal apa yang kamu ketahui tentang proses terjadinya petir dan gunakan dalam kalimat aktif misalnya.. Pelajaran science+bahasa. Disini juga bakal keliatan siapa anak yang mendalami lebih dalam jadi mereka akan dapat nilai lebih. Bukan jawaban pilihan ganda yg mentok disitu.
Menarik banget ya sistem pembelajaran disana. Sangat memanusiakan anak dan fokus utamanya kesejahteraan siswa dimana kebahagiaan anak salah 1 diantaranya
#GerakanIbuBacaBuku #1Week1Review#MommeID